PERHATIAN

Tahniah kepada Aizat atas kelahiran sang puteri. Semuga menambah kebahagian suami isteri

Jumaat, 13 November 2009

Tips membantu anak belajar menulis

Anak menyukai menggambar di semua tempat, di kertas, majalah bahkan di tembok. Jadi mulailah dukung bakatnya dengan mengajarkan kepadanya menuliskan hurus ABC dst. Berikut ini Tips membantu anak memulai belajar menulis:


1. Temukan Metode kreatif Dalam Mengajarkannya. Hal ini akan membuat si kecil tidak bosan ketika belajar, misalnya biarkan ia menulis dengan kapur pada lantai garasi (trotoar depan rumah) atau dengan cat air pada dinding belakang rumah.

2. Ajak Anak untuk menuliskan cerita pada sebuah kertas, walaupun dia hanya menuliskan tulisan ‘cakar ayamnya’. Mintalah dia untuk menceritakan ulang tulisannya tersebut.

3. Mintalah anak untuk menggambarkan sesuatu, dan buat cerita tentang gambar tersebut kemudian menceritakannya kepada Anda. Rekamlah cerita yang dibawakan si kecil tersebut, dan ceritakan ulang untuknya. Hal ini akan dapat menunjukkan hubungan antara menulis dan kata-kata yang diucapkan.

4. Bantulah si kecil membuat buku secara sederhana dengan melipat setengah kertas, kemudia men-stapling-nya di bagian tengah. Mintalah si kecil untuk memenuhi bukunya dengan ‘coretan-coretan’ tulisannya ataupun ilustrasi terhadap sebuah cerita tertentu.

5. Anjurkan Anak untuk mengenali huruf dengan membuat kartu-kartu alphabet. Potonglah huruf-huruf dari majalah, dan tempelkanlah pada kartu-kartu tersebut.

6. Biarkan si kecil melihat bagaimana Anda menulis. Tunjukkan padanya hasil tulisan Anda dan mintalah ia menuliskan tulisan tersebut, meskipun masih dengan ‘cakar ayamnya’ dan mintalah ia membaca hasil tulisannya dengan keras.

0 ulasan: